TUGAS PSIKOLOG SEKOLAH
DI SETIAP JENJANG PENDIDIKAN
13-088 M. FIRMAN AKBAR
13-092 SINTA MEILASTRY
13-098 IMMANUEL SARAGIH
13-102 PEBRYANTI SIMARMATA
13-114 PESTA RIA TAMBUN
jenjang pendidikan
|
tugas
|
TK
|
Membantu anak
menemukan bakat dan minatnya berdasarkan multiple intelligence
Membantu anak agar
tetap bisa melalui proses berkembang dengan baik walaupun ada perubahan
kultur sosial terutama dalam hal bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya
Memberikan konsultasi
dan pemahaman yang benar pada orang tua anak, untuk mendukung anak bisa
melewati tahap perkembangannya secara baik.
|
SD
|
membuat dan mengembangkan kurikulum
cth : membuat jadwal pelajaran.
menentukan waktu istirahat dan
bermain pada anak anak.
Mengkomunikasikan hasil evaluasi
psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat
memahami siswa, jika ada kesulitan dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa. cth :
mengetahui gaya belajar siswa.
Melakukan penelitian tentang
instruksi yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan intervensi
kesehatan mental. cth : apabila siswa yg diajarkan berkebutuhan
khusus maka melakukan tehnik
tertentu dalam mengajari siswa tersebut.
Menilai dan mengevaluasi
berbagai masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak sekolah yang ditugaskan.
Intervensi langsung dengan siswa
dan keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan keterampilan.
|
SMP
|
Mendukung
perkembangan normal anak didik.
Tindakan preventif.
Memberikan Bimbingan
kepada siswa, guru dan orangtua
Membantu siswa untuk
memahami masa remajanya
Memahami ciri-ciri
perkembangan masa remaja siswa
Pelayanan konseling
kepasa siswa
Pemberian konseling
kepada guru dan orang tua.
Menilai
dan mengevaluasi berbagai masalah yang berkaitan sekolah pada anak remaja.
Menciptakan strategi pemecahan masalah yang sesuai untuk anak
remaja.
Membangun
persiapan mental siswa SMP agar dapat memahami kondisi yang akan diperoleh
untuk jenjang yang lebih tinggi, yaitu SMA
Merancang
dan mengimplementasikan sistem monitoring kemajuan siswa
Meningkatkan
prestasi dengan menilai hambatan belajar
Menentukan
strategi instruksional terbaik untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan guru
Melakukan
penelitian tentang instruksi yang efektif, manajemen perilaku,
program-program sekolah alternatif, dan intervensi kesehatan mental
Mendukungan
siswa secara sosial dan emosional.
Memotivasi semua siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.
Membangun
hubungan yang harmonis antara siswa dan guru serta antara orang tua.
|
SMA
|
Psikolog sekolah dapat melakukan tes dan program konseling
khusus untuk membahas dan mengarahkan siswa dalam memilih jurusan kuliah apa yang
paling sesuai dengan minat dan bakatnya. Program ini akan sangat membantu
siswa misalnya pada saat pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri,
dimana seringkali siswa SMA masih kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah
apa yang akan dipilihnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar